Makalah Mencairnya Es Di Kutub

April 8, 2019 | Author: khairul hashfi | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

makalah...

Description

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

Mencairnya Es di Kutub Wilayah kutub bumi adalah daerah yang mengelilingi kutub. Kutub Utara dan Kutub Selatan merupakan pusatnya yang didominasi oleh es. Es kutub kini mulai menghilang menghilang secara perlahan perlahan akibat akibat dari pemanasan global. Pada dasarnya, dasarnya, daerah Kutub Utara (Artik) adalah laut beku yang dikelilingi oleh tanah sehingga dapat dapat dihuni dihuni oleh oleh hean hean ataupun ataupun manusi manusia. a. Sebalik Sebalikny nya, a, Antart Antartika ika atau Kutub Kutub Selatan ternyata terdiri dari benua!benua dengan pegunungan dan danau yang dikelilingi oleh lautan sehingga tidak dapat dihuni oleh manusia.  "amun baru!baru ini kita di hebohkan dengan #enomena alam yaitu menc mencai airny rnyaa es di daera daerah h Kutu Kutub b Utar Utara. a. Es di kutu kutub b utara utara telah telah menc mencair air dan dan menyebabkan $alur %arat &aut dan 'imur &aut di kutub utara terbuka secara  bersamaan, ini adalah pertama kalinya manusia dapat berlayar mengelilingi kutub utara utara dengan dengan tanpa tanpa hambat hambatan an sama sekali, sekali, namun namun hal ini $uga $uga menun menun$uk $ukkan kan  baha proses pemanasan global men$adi lebih cepat daripada perkiraan. kedua  $alur pintas tersebut terbuka setelah *.+++ tahun lamanya, $uga merupakan salah satu #enomena pemanasan global paling mencengangkan yang muncul di kutub utara selama  bulan terakhir ini. Seorang pro#essor tentang pakar lautan es dari Pusat Pusat n#orm n#ormasi asi Es dan Sal$u Sal$u Amerika merika ("S- ("S-), ), mengat mengataka akan, n, ini merupa merupakan kan suatu suatu /Ke$ad /Ke$adian ian besar besar berse$a berse$arah rah0, 0, dan semakin semakin lan$ut lan$ut membuk membuktik tikan an baha baha gunung es di kutub utara kemungkinan telah memasuki /pusaran maut0 yang tidak dapat diselamatkan lagi. Selain Selain itu dengan dengan #enome #enomena na mencair mencairnya nya kutub kutub es ini, ini, menimb menimbulk ulkan an  peringatan baha $umlah gunung es di kutub utara kemungkinan akan menyusut  bahkan lebih sedikit dari rekor terendah tahun lalu. lmuan asal Amerika, 1osloski, 1osloski, dalam laporan laporan yang dipublikasikan dipublikasikan tahun ini meramalkan, meramalkan, dalam tempo * tahun musim panas di kutub utara bakal tidak ada es sama sekali, selain itu kecepatan mencairnya es kemungkinan $uga akan bertambah cepat. 2al yang memicu adanya argumen!argumen seperti ini adalah karena $umlah lapisan es yang mencair di kutub utara telah mencapai skala yang seharusnya baru akan ter$adi pada tahun +*+ mendatang.

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”



Lapisan Es Terus Menipis

Pengukuran yang dilakukan 3++ pakar iklim dari delapan negara yang lokasinya  berbatasan dengan Kutub Utara menun$ukan, dalam tiga dekade terakhir, lapisan es di lautan sekitar kutub menyusut sekitar 44+ ribu kilometer persegi. -isebutkan, kaasan kutub kini mengalami pemanasan global lebih cepat dari kaasan lain di dunia. Para pakar iklim $uga yakin, pemicu pemanasan drastis di kaasan kutub, adalah akti5itas manusia. -alam beberapa dekade terakhir, emisi gas rumah kaca ke atmos#ir terus meningkat drastis.



Tidak Ada Lagi Es Pada Musim Panas di Kutub Utara

Sinyal apa

yang

dilontarkan dari

 penyusutan drastis lapisan es di lautan Kutub Utara itu6 'entunya bukan  pertanda yang baik bagi ekosistem. Karena itulah, dalam sebuah kon#erensi ilmiah di 2amburg, sekitar *++ pakar  iklim

mendiskusikan

kemungkinan

dampak yang bakal muncul dari penyusutan lapisan es di Kutub Utara tersebut.

Peneliti iklim dari nstitut 1a7!Planck untuk meteorologi di 2amburg, 8ochem 1arot9ke mengatakan, menurut perhitungan, sekitar akhir abad ini, lapisan es itu  pada setiap musim panas akan mencair seluruhnya. 1emang di musim dingin lapisan es kembali terbentuk. Akan tetapi, di musim panas berikutnya seluruhnya kembali mencair.

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

Apa yang diungkapkan 1arot9ke, tentu sa$a bukan berita bagus. 8ika ramalannya tepat, artinya sekitar tahun +:+ mendatang, setiap musim panas di Kutub Utara tidak akan ditemukan lagi hamparan padang es. Sekarang sa$a, para peneliti dari institut penelitian kutub Al#red!Wegener di %remerha5en, mencatat baha lapisan es di lautan sekitar kutub $uga semakin tipis, setiap musim panas, menyusut sekitar + persen dalam 3+ tahun terakhir. -emikian dikatakanhristian 2aas,  peneliti dari %remerha5en.

Permukaan Laut Akan Meningkat

&a$u penyusutan lapisan es di lautan sekitar kutub, diperkirakan akan terus  berlan$ut hingga tahun +:+ mendatang, sampai semuanya mencair. -ampaknya adalah meningkatnya permukaan air laut global. -alam + tahun terakhir ini,  permukaan air laut sudah naik rata!rata delapan centimeter. 8ika semua lapisan es mencair, diperkirakan permukaan air laut akan naik rata!rata 4+ centimeter. Pemicu drastisnya penyusutan lapisan es adalah pemanasan global yang dipicu akti5itas manusia.



Pemanasan Global Terus Berlanjut

&ebih lan$ut peneliti iklim 8ochem 1arot9ke meramalkan terus berlan$utnya  pemanasan global. Perhitungan menun$ukan, Kutub Utara memanas dua kali lebih cepat, ketimbang kaasan lainnya di dunia. -iperhitungkan adanya pemanasan antara : sampai + dera$at elsius, di kaasan lintang Kutub Utara.

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

-ampaknya bagi manusia akan sangat besar. -alam  $angka pan$ang, artinya sampai abad mendatang,  $ika suhu rata!rata global naik antara tiga sampai empat dera$at elsius, lapisan es abadi di ;reenland akan mencair seluruhnya. Sebagai akibatnya, permukaan air laut global akan naik rata!rata tu$uh meter. Semua negara kepulauan kecil akan tenggelam. Kota!kota besar di kaasan  pantai, sebagian $uga akan lenyap.

Para peneliti iklim memperkirakan, akibat perubahan drastis selama beberapa dekade, kerusakan yang ter$adi pada sebagian ekosistem akan menetap. Sebagian lagi dapat dipulihkan atau paling tidak e#eknya diminimalkan secara sigini#ikan. 'api syaratnya, tindakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca $uga dilaksanakan lebih e#ekti5 lagi.



Kutub Selatan Berbeda

8ika di Kutub Utara diamati penyusutan drastis lapisan es, bagaimana kondisi di Kutub Selatan6 -iketahui di kaasan Antartika terdapat iklim serta arus laut yang  berbeda dari sistem yang mempengaruhi Kutub Utara. Karena itulah dampak   pemanasan global di Kutub Selatan tidak sekuat seperti yang melanda Kutub Utara. Se$auh ini dapat diamati, di Kutub Selatan relati# tidak ter$adi pencairan laisan es. Peneliti dari nstitut Al#red Wegener di %remerha5en, hristian 2aas

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

 bahkan mengamati dampak sebaliknya. 1enurut data, dalam 3+ tahun terakhir ini, ter$adi peningkatan lapisan es di lautan sekitar Antartika.



Suu !uga Akan "aik di Kutub Selatan

Akan tetapi dalam dekade mendatang, suhu di kaasan Kutub Selatan $uga akan meningkat. Apakah #enomena ini $uga akan mencairkan lapisan es di Antartika6 1enanggapi pertanyaan ini, para pakar iklim melontarkan pendapat yang berbeda!  beda. Penyebabnya, kaasan antartika amat besar, dengan persyaratan iklim yang  berbeda!beda untuk setiap bagian kaasannya.

/ Kawasan timur antartika lebih tebal dan tinggi. Karena itu, salju di kawasan tersebut dapat terakumulasi lebih banyak, dan menyebabkan peningkatan volume lapisan es. Sementara kawasan barat Antartika, sangat terpengaruh oleh arus Circum-Antartika, yang mengangkut air dengan suhu lebih hangat. Jadi di sana, terdapat kaitan lebih erat, antara pemanasan samudra dengan mencairnya lapisan es./ -emikian di$elaskan hristian 2aas.



Lapisan Es di Kutub Selatan Stabil

8uga 8ochem 1arot9ke, pakar iklim dari nstitut 1a7 Planc untuk 1eteorologi di 2amburg, mengatakan sulit untuk memperkirakan secara akurat, bagaimana dampak dari pemanasan global di Kutub Selatan. 2al ini dikarenakan terdapatnya  proses yang saling bertolak belakang. 8ika suhu lebih hangat, diperhitungkan 5olume hu$an sal$u akan meningkat. Akan tetapi, diperkirakan $uga, lapisan es di

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

kaki gletsyer akan mencair. Proses mana yang akan menang belum diketahui. 'api menurut model perhitungan, tidak diharapkan adanya perubahan drastis pada lapisan es di Kutub Selatan. Akan tetapi di sana, masih ter$adi situasi yang sulit diramalkan.



#ancurnya Ekosistem

'api $uga diingatkan, pemanasan global dan e#ek rumah kaca tetap akan  berdampak besar, $uga pada ketinggian muka air laut global. 8ika ramalan pakar  iklim terbukti, dalam :+ tahun mendatang di setiap musim panas, lapisan es Kutub Utara akan mencair seluruhnya, pastilah terdapat konsekuensi drastis bagi #lora dan #auna di kaasan Kutub Utara. Akan ter$adi kerusakan drastis pula bagi ekosistem yang khas untuk banyak organisme. 1isalnya habitat kehidupan  plankton, ikan, an$ing laut atau beruang es. -emikian diungkapkan ris Werner,  biolog dari Uni5ersitas Kiel. Sebab organisme itu amat tergantung dari habitat lautan es di sekitar kutub. 8ika setiap musim panas lapisan es mencair seluruhnya, artinya binatang!binatang ini kehilangan ruang hidupnya dan $uga makanannya. Pada akhirnya banyak binatang khas kutub akan musnah.

Apa dampak dari musnahnya se$umlah organisme kutub ini bagi kehidupan manusia, masih terus diteliti oleh para pakar. 'api yang $elas, simulasi iklim yang dibuat para pakar menun$ukan, $ika lapisan es di kaasan kutub terus menipis, kaasan Eropa akan mengalami dampak yang tidak menyenangkan. 1usim panas nantinya akan lebih kering, sementara musim dingin lebih hangat. %ahkan dalam cuaca yang tidak terlalu #luktuati5 sekalipun, tetap sa$a kehidupan manusia di Eropa akan berubah drastis.

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

Penyebab Mencairnya Es di Kutub Utara Pemanasan Global Pemanasan global adalah adalah suatu proses meningkatnya suhu rata! rata atmos#er , laut, dan daratan %umi. Penyebab dari pemanasan global itu sendiri, antara lain< a. E#ek rumah kaca Segala sumber energi yang terdapat di %umi berasal dari matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak . Ketika energi ini tiba  permukaan %umi, ia berubah dari cahaya men$adi panas yang menghangatkan %umi. Permukaan %umi, akan menyerap sebagian  panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini  beru$ud radiasi in#ra merah gelombang pan$ang ke angkasa luar.  "amun sebagian panas tetap terperangkap di atmos#er %umi akibat menumpuknya $umlah gas rumah kaca antara lain uap air , karbon dioksida, sul#ur dioksida dan metana yang men$adi perangkap gelombang radiasi ini. ;as!gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan %umi dan akibatnya  panas tersebut akan tersimpan di permukaan %umi.   Keadaan ini ter$adi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata!rata tahunan bumi terus meningkat.  b. E#ek umpan balik  Umpan balik penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan cahaya (albedo) oleh es.=>? Ketika suhu global meningkat, es yang berada di dekat kutub mencair dengan kecepatan yang terus meningkat. %ersamaan dengan melelehnya es tersebut, daratan atau air di baahnya akan terbuka. %aik daratan maupun air memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih sedikit bila dibandingkan dengan es, dan akibatnya akan menyerap lebih banyak radiasi matahari. 2al ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan lebih banyak lagi es yang mencair, men$adi suatu siklus yang berkelan$utan. c. @ariasi matahari

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

'erdapat hipotesa yang menyatakan baha 5ariasi dari matahari, dengan kemungkinan diperkuat oleh umpan balik dari aan, dapat memberi kontribusi dalam pemanasan saat ini.Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat e#ek rumah kaca adalah meningkatnya akti5itas matahari akan memanaskan stratos#er  sebaliknya e#ek rumah kaca akan mendinginkan stratos#er. Pendinginan stratos#er bagian baah paling tidak telah diamati se$ak tahun 4+ yang tidak akan ter$adi bila akti5itas matahari men$adi kontributor utama pemanasan saat ini. Penipisan lapisan o9on $uga dapat memberikan e#ek pendinginan tersebut tetapi  penipisan tersebut ter$adi mulai akhir tahun 4B+!an. Cenomena 5ariasi 1atahari dikombinasikan dengan akti5itas gunung berapi mungkin telah memberikan e#ek pemanasan dari masa pra!industri hingga tahun 4*+, serta e#ek pendinginan se$ak tahun 4*+.

Kerusakan Atmos$er Atmos#er adalah lapisan udara yang melindungi bumi dari sinar ultra5iolet maupun meteor serta memantulkan gelombang radio. Kerusakan atmos#ir  ter$adi karena ter$adinya pelesan 9at #reon ke udara serta polusi dari bahan  bakar pesaat yang merusak lapisan atmos#ir. %ahkan, polusi dari bahan bakar   pesaat lebih berbahaya : kali lipat. 1anusia dapat bertahan sampai satu hari tanpa air di daerah gurun yang  paling panas, tetapi tanpa udara manusia hanya bertahan beberapa menit sa$a. 8adi Anda tentu bisa menyimpulkan sendiri betapa pentingnya udara bagi kehidupan di bumi. Karena tanpa udara, maka manusia, hean dan tumbuh! tumbuhan tidak dapat hidup. Udara untuk kehidupan sehari!hari terdapat di atmos#er. Atmos#er $uga ber#ungsi sebagai payung atau pelindung kehidupan di  bumi dari radiasi matahari yang kuat pada siang hari dan mencegah hilangnya  panas ke ruang angkasa pada malam hari. Atmos#er $uga merupakan  penghambat bagi benda!benda angkasa yang bergerak melaluinya sehingga sebagian meteor yang melalui atmos#er akan men$adi panas dan hancur  sebelum mencapai permukaan bumi.

 agaimana apabila atmos!er kita rusak" Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi #isik ,kimia, atau biologi di atmos#er   dalam $umlah yang dapat membahayakan kesehatan

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

manusia, hean, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber!sumber alami maupun kegiatan manusia. %eberapa de#inisi gangguan #isik seperti polusi suara, panas, radiasi atau polusi cahaya  dianggap sebagai polusi udara. Si#at alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersi#at langsung dan lokal, regional, maupun global. Sumber pencemaran udara dibedakan men$adi pencemar primer dan  pencemar sekunder. Pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran. Pencemar sekunder adalah substansi  pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar!pencemar primer di atmos#er . Pembentukan o9on dalam smog #otokimia adalah sebuah contoh dari  pencemaran udara sekunder. Atmos#er merupakan sebuah sistem yang kompleks, dinamik, dan rapuh. %elakangan ini pertumbuhan keprihatinan akan e#ek dari emisi polusi udara dalam konteks global dan hubungannya dengan pemanasan global,  perubahan iklim dan deplesi o9on di stratos#er semakin meningkat.

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

%ampak Mencairnya Es di Kutub

• • • • •

 "aiknya permukaan air laut hingga >+ m. 2ilangnya pulau!pulau kecil . 'enggelamnya kota!kota disekitar pantai. 2ilangnya pantai!pantai didunia karena tertutup air . 2ean!hean yang berhabitat dikutub utara terancam punah..

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

Upaya &ang %ilakukan Untuk  Mencega %ampaknya Lebi Luas •

'idak berlebihan dalam menggunakan mesin pendingin seperti A,



#ree9er, dll 1engurangi rumah atau gedung yang dindingnya kaca , karena kaca dapat



memantulkan panas sehingga suhu udara meningkat. 1eningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemanasan global dan dampaknya bagi manusia dan lingkungan.

Makalah Mengenai “Mencairnya Es Di Kutub”

Kesimpulan dan Saran -engan adanya #ennomena pencairan es di kutub yang disebabkan oleh  pemanasan global dan kerusakan atmos#er, yang menyebabkan berbagai dampak   buruk bagi bumi. Kita sebagai manusia yang memerlukan kutub es sebagai  penyeimbang bumi, seharusnya kita dapat mengurangi dampak dari cairnya es di kutub dengan melakukan berbagai hal, antara lain < mengurangi penggunaan A dan #ree9er, mengurangi e#ek rumah kaca, dan men$aga lingkungan sehingga dapat mengurangi pemanasan global.

View more...

Comments

Copyright ©2017 chineseinfo.info Inc.
SUPPORT chineseinfo.info