peraturan rumah sakit

June 11, 2019 | Author: siti | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

Peraturan Rumah Sakit...

Description

RUMAH SAKIT PAMANUKAN MEDICAL CENTER  Jl. Rancasari km 4,35 Pamankan S!an" KE#AJI$AN, LARAN%AN DAN HAK TENA%A KERJA&SDM

A. K'(a)i!an a. Hadir di rumah rumah sakit tepat pada waktu waktu yang telah telah ditetapkan ditetapkan (sesuai dengan dengan jadwal kerja kerja

yang telah dibuat).  b. Mengisi daftar absensi pada waktu masuk dan pulang kerja: apabila tidak mengisi daftar  absensi dianggap mangkir dan mempengaruhi kondite. c. Mengik Mengikuti uti dan mematuhi mematuhi seluruh seluruh petunj petunjuk uk dan instruksi instruksi yang yang diberik diberikan an oleh oleh atasan atasan langsung maupun pimpinan rumah sakit. d. Menj Menjag agaa sert sertaa meme memeli liha hara ra dega degan n baik baik semua semua fasil fasilit itas as ruma rumah h saki sakitt dan dan agar agar segera segera melaporkan kepada atasan langsung maupun pimpinan rumah sakit apabila mengetahui ada hal-hal yang menimbulkan bahaya atau kerugian terhadap rumah sakit. e. Melapo Melaporka rkan n kepada kepada pimpin pimpinan an rumah rumah sakit sakit apabil apabilaa ada perubaha perubahan n akan akan status status diriny dirinya, a, keluarganya dan perubahan alamat tempat tinggal. f. ersi ersika kap p sopa sopan n sant santun un sesua sesuaii deng dengan an norm norma-n a-nor orma ma agam agamaa dan dan norm normaa ruma rumah h sakit sakit  bersikap selalu menghormati pasien dan orang lain. g. !ebih mendahulukan kepentingan penderita daripada daripada kepentingan kepentingan pribadi. pribadi. h. Menjaga Menjaga hubungan hubungan baik sesama sesama petugas. petugas. i. Menjag Menjagaa rahas rahasia ia ruma rumah h saki sakit. t.  j. Mengikuti peraturan rumah sakit k. Menjalankan tuugas tuugas dengan sebaik-baiknya, dengan dengan prestasi yang optimal. l. ekerja ekerja tertib, yakni yakni dengan dengan berusaha berusaha mengikuti mengikuti pola pola kesehatan kesehatan dan keselamatan keselamatan kerja. kerja. m. Mengik Mengikuti uti progra program m rumah rumah sakit sakit berupa berupa progra program m pening peningkat katan an keseja kesejahte hteraan raan,, sepert seperti: i: koperasi, olah raga, kesenian, perlu diikuti. n. Meningkatk Meningkatkan an pengetahuan pengetahuan dan keterampilan keterampilan dari pekerjaan yang dijalankan, dijalankan, pendidikan pendidikan dan pelatihan, pegawai harus meningkat pengetahuan dan keterampilannya. o. Memaju Memajukan kan rumah sakit, pegawai pegawai bukan bukan hanya hanya bekerj bekerjaa tetapi tetapi perlu perlu rasa memilik memilikii dan merasa perlu mengembangkan rumah sakit, agar dirinya ikut berkembang pula.  p. Menjaga citra dan mempromosikan rumah sakit, sebagai pegawai harus bangga menjadi "#M di $" dan tetap menjaga nama baik dimanapun berada.

%. Meningkatkan peran organisasi profesi dan perburuhan, dengan meningkatnya orgnisasi  profesi dan perburuhan maka perlindungan hukum akan terjamin r. &husus untuk karyawan dinas jaga : setiap pergantian shif harus melakukan serah terima  baik mengenai pasen, alat, dll dari karyawan tugas shif lama kepada karyawan shif baru (dokter, kasir'keuangan, perawat'bidan, satpam, ,supir, gii, *+"$")

dengan

menandatangai buku laporan jaga. s. erpakaian $apih  memakai aturan seragam pakaian dinas. t. idak boleh berpakaian ketat ' lejing' pakaian yang tidak sopan. u. Memakai sepatu kecuali dinas malam.

$. Laran"an

a. Membawa'menggunakan barang-barang'alat-alat fasilitas milik rumah sakit keluar dari lingkungan rumah sakit tanpa iin pimpinan rumah sakit.  b. Menjual'memperdagangkan barang-barang berupa apapun atau mengedarkan daftar  sumbangan, menempelkan atau mengedarkan poster yang tidak ada hubungannya dengan  pekerja tanpa iin pimpinan rumah sakit. c. Minum minuan keras, mabuk di tempat kerja. d. Membawa'menyimpan dan menyalahgunakan alat-alat rumah sakit. e. Melakukan segala bentuk perjudian dan bertengkar atau berkelahi dengan sesama  pegawai'pimpinan rumah sakit. f. Melakuakn tindakan di luar norma agama dan kesusilaan, baik di dalam maupun di luar  rumah sakit.

C. Hak a. pah sesuai, tentunya minimal upah minimum yang ditentukan oleh pemerintah.  b. &ejelasan tugas mengenai apa yang perlu dilakukan. c. &esehatan kerja, berupa adanya upaya agar petugas sehat, mengikuti asuransi kesehatan. d. &eselamatan kerja, berupa fasilitas, alat untuk perlindungan petugas tersedia. e. +eningkatan kesejahteraan f. +eningkatan pengetahuan dan keterampilan, berupa ikut serta pada seminar, kursus dan  pelatihan yang sesuai dengan pekerjaannya sehingga "#M semakin profesional dan tidak  ketinggalan aman. g. +erlindungan hukum berserikat melalui proses perburuhan dan ikut dalam organisasi  profesi yang sesuai. h. urut serta dalam pengembangan rumah sakit, "#M mempunyai hak untuk ikut serta menentukan masa depan rumah sakit yang akan berpegaruh terhadap dirinya.

+amanukan, / Maret 0122   #irektur $" +amanukan Medical 3enter 

#r. H 4untur "etyono, M5$"

RUMAH SAKIT PAMANUKAN MEDICAL CENTER  Jln. Rancasari Km. 4,35 Pamankan S!an" *. P'lan""aran a. 5pabila karyawan tidak masuk kerja tanpa memberitahukan atau alasan yang dapat diterima oleh pimpinan rumah sakit, maka karyawan yang bersangkutan dianggap absen. +. Sanksi 







 

$umah sakit akan memberikan surat peringatan kepada setiap karyawan yang melakukan  pelanggaran tata tertib kerja antara lain: a. "ering datang terlambat atau pulang mendahului waktu yang telah ditetapkan.  b. idak memenuhi ketentuan-ketentuan keselamatan kerja'petunjuk-petunjuk  atasan'pimpinan. c. Menolak perintah atasan yang layak. d. Melalaikan kewajiban. e. idak cakap melakukan pekerjaan walupun telah dicoba di bagian-bagian lain. f. Mengerjakan tugas tidak memenuhi standar yang ada. &epada karyawan rumah sakit yang melakukan pelanggaran tata tertib akan diberikan  peringatan : a. eguran !isan  b. "ecara tertulis berupa : 2. +eringatan * 0. +eringatan ** /. +eringatan *** "urat peringatan diberikan tidak berdasarkan urutan *, **, dan *** tetapi dinilai dari  besar kecilnya kesalahan yang dilakukan oleh karyawan. Masing-masing surat peringatan mempunyai masa berlaku selama 6 (enam) bulan dan apabila ternyata yang bersangnkutan masih melalukan pelanggaran maka rumah sakit akan meutuskan hubungan kerja dan dilaksanakan sesuai dengan undang-undang.

+amanukan, / Maret 0122 #irektur  $". +amanukan Medical 3enter 

#r. H 4untur "etyono, M5$"

RUMAH SAKIT PAMANUKAN MEDICAL CENTER  Jln. Rancasari Km 4,35 Pamankan S!an" Dasar PHK  agi karyawan yang melakukan pelanggaran berat atau telah diberikan surat  peringatan sebanyak / (tiga) kali atau peringatan terakhir, maka rumah sakit akan memutuskan hubungan kerja dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur undang-undang. 5dapun jenis pelanggaran berat tersebut di bawah ini: a. +ada saat perjanjian kerja diadakan memberikan keterangan palsu atau yang dipalsukan.  b. Minum-minuman keras, memakai obat-obat terlarang (75+85). c. Melakukan perbuatan asusila di tempat kerja d. Melakukan tindak kejahatan, misalnya: mencuri, menggelapkan, menipu, memperdagangkan barang terlarang baik dalam lingkungan rumah sakit maupun di luar  rumah sakit. e. +enganiayaan, menghina secara kasar atau mengancam pimpinan atau teman sekerja. f. Membujuk pimpinan atau teman sekerja untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum atau kesusilaan. g. #engan sengaja atau ceroboh merusak, merugikan atau membiarkannya dalam keadaan  bahaya milik rumah sakit. h. #engan sengaja merusak atau kecerobohannya atau membiarkan diri atau teman sekerjanya dalam keadaan bahaya. i. Membongkar rahasia rumah sakit atau mencemarkan nama baik pimpinan rumah sakit dan keluarganya yang seharusnya dirahasiakan, kecuali untuk kepentingan pemerintah dan negara. P'lan""aran Taa T'ri! -an" M'n"aki!akan PHK  "etiap karyawan yang melakukan pelanggaran terhadap larangan rumah sakit,  pelanggaran hukum dan atau merugikan rumah sakit dapat dikenakan sanksi +H& dan dilaksanakan sesuai ketentuan yang ada.

 

"ubang, / Maret 0122 #irektur $". +amanukan Medical 3enter 

#r. H 4untur "etyono, M5$"

RUMAH SAKIT PAMANUKAN MEDICAL CENTER  Jln. Rancasari Km 4,35 Pamankan S!an" Uraian T"as *. K'ala ran"an a. erhadap bawahan 

"uper9isi



Memberi contoh



ekerja dengan baik 



Meningkatkan pelayanan



Menerima keluh kesah

Menilai prestasi kerja  b. erhadap pasien 



Membuat laporan harian



Mengatur petugas



Mengecek diet, obat



Merencanakan in9entaris alat dan bahan

"ur9ei kepuasan pasien c. erhadap lingkungan 



Memonitor lingkungan yang ada

Menjadikan kesenjangan setiap transaksi yang pernah dilihat d. erhadap peralatan 



Mengecek alat-alat



Melaporkan jika ada kerusakan

Mengontrol kelengkapan alat +. P'ra(a a. erhadap pasien 



Memberi penyuluhan



+asang infus



Memberi obat dan injeksi



Mengikuti 9isite dokter 



Mengontrol pasien



Menyiapkan alat tindakan ringan



Mensterilkan alat-alat



Mengukur tensi, nadi, pernafasan



Membalut luka



*njeksi lewat infus



Memandikan pasien



Menyuapi pasien



Mengantar makanan



Mengantar pasien pulang



Mengambil air panas untuk mandi pasien



Membagi obat



Mengganti infus



Mencukur rambut'skeren



Mengantar pemeriksaan pasien



Mengganti balut



Membuat grafik temperatur 



Memberi makan lewat sonde



Membuang urine



Mengompres



peran jaga shiff, memperkenalkan nama didepan semua pasien



Mengikuti aturan pakaian seragam



"epatu rapih



Mendampingi dokter, mencatat dan melakukan intruksi dokter ditulis distatus' tindakan terhadap pasien.



Membuat resume



Melengkapi data status pasien



Membuat return obat, "urat pernyataan pulang dan "urat pulang paksa



Mendampingi pasien yang dirujuk 



Membantu "#M lain yang membutuhkan

 b. erhadap ligkungan 

Membuang alat kesehatan yang tak terpakai pada tempatnya



Menyiram tanam dan memelihara tanaman



Menyapu dan mengepel



Membersihkan ruangan



Membersihkan kaca

Meyemprot nyamuk  c. erhadap peralatan 



Mengembalikan alat pada tempatnya



Mengembalikan alat dalam keadaan bersih



Menyiapkan alat dalam keadaan siap pakai



Membersihkan kasur 



Mensterilkan alat medis



Membuat kasa dan kapas



Mencatat in9enntaris



on ruangan



Mencuci waslap, kain pel, baskom



Membersihkan kereta dorong, kursi roda



Membersihkan laci



3.

Menyiapkan tempat tidur untuk pasien baru

Saam a. Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan rumah sakit  b. Menjaga kebersihan rumah sakit c. Melindungi lingkungan rumah sakit dari kerusakan dan kehilangan d. Membantu tugas "#M lain yang memerlukan

4. Cl'anin" s'r/ic' & #as0raa. Membersihkan dan menjaga kebersihan rumah sakit  b. Melindungi lingkungan rumah sakit dari kerusakan dan kehilangan c. Membantu "#M lain yang membutuhkan d. Mencuci sprey  Menyetrika (u'washray) e. Mencuci aju &  rdeng, dll (o'washray) f. Memgganti tiap hari sprey pasien rawat inap (o'wasray) g. Membersihkan !antai 0,&aca, $am, sarang laba-laba  langit- langit setiap minggu h. Membantu mengantar makanan  mencatat hal-hal yang berhubungan dengan gii i. Mengecek ksigen, mencatat setiap pengisian oksigen  j. Membantu perawat dalam hal  memindahkan pasien, mengisi oksigen; 5. K's'kr'ariaan a. Membantu direktur dalam pengelolaan rumah sakit  b. Menjalankan tugas administrasi rumah sakit c. Membantu menjaga ketertiban dan kenyamanan rumah sakit d. Membuat perencanaan kegiatan e. Membuat pengorganisasian setiap kegiatan dan sumber daya f. Melaksanakann dengan penuh tanggung jawab sesuai perencanaan dan mengarahkan  pada pencapaian tujuan g. Mengendalikan agar pelaksanaan selalu sesuai dengan rencana dan pencapaian tujuan h. Menilai semua rencana yang sudah ditentukan serta membuat strategi baru untuk   pencapaian tujuan 1. Cs2m'r c'r/ic' a. Menerima amu  b. &onfirmasi dokter untuk jadwalpraktek  c. Menerima telepon d. Mencatat dan menerima pendaftaran e. *nformasi tentang $".+M3 f. $ehapitulasi rawat jalan dan rawat inap g. Membantu "#M lainnya yang memerlukan . Kasir a. Mengisi rincian biaya pasien rawat inap (u'dinas malam)  b. Membuat rincian pasien rawat jalan  rawat inap yang pulang

c. Memberikan tugas keuangan dan administrai d. Memberikan informasi biaya harian rawat inap e. Membantu "#M lainnya yang memerlukan . %ii a. Mencatat jumah pasien  b. Memilih makanan yang tepat setiap jenis kasus 'dinkes'"*-$"'2'0122 tanggal 06 Aanuari 0122 &elas : &elas # 5lamat : Aln. $ancasari &m >,/? +amanukan "ubang elepon :  7o. BaC : Dmail : +.

L2"2 erbentuk bunga dengan daun bunga E lembar berwarna hitam tebal, ditengahnya ada segi E dengan garis tipis bertuliskan $umah "akit +amanukan Medical 3enter dan di tengah

segi delapan ada green cross yang dibentuk dari > garis horisontal dan > garis 9ertikal  berwarna hijau muda. 3.

P'la-anan a. P'la-anan M'7ik Umm ; 2. +elayana Medik #asar  +. +elayanan Medik 4igi Mulut /. +elayanan &*5'&

FFFFFFFFFFF

!. P'la-anan %a(a Darra ( 0> jam dan G hari seminggu ) c. P'la-anan S'sialis P'nn)an" M'7ik  : 2. $adiologi FFFFFF 0. +atologi klinik '!aboratorium FFFFFFFFFF 7. 2. 0. /. >. ?. 6. G. E. @.

P'la-anan M'7ik S'sialis lain : &esehatan 5nak  +enyakit #alam bstretri dan 4inekologi rthopedi Mata &ulit dan &elamin &edokteran Aiwa 5pukuntur Medik  5nestesi

'. P'la-anan K''ra(aan 7an K'!i7anan : 2. 5suhan &eperawatan FFFFFFFFF 0. 5suhan &ebidanan FFFFFFFFF . ?. 6. G.

P'la-anan P'nn)an" Klinik  : +erawatan High 3are nit +elayanan #arah FFFFFFFFFFFF 4ii FFFFFFFF Barmasi "terilisasi instrumen FFFFFFFF $ekam Medik  +sikologi

". 2. 0. /. >.

P'la-anan P'nn)an" N2n Klinik  : !aundry' linen FFFFFFFFF Aasa oga' #apur FFFFFFFF ehnik dan +emelihara Basilitas FFFFFFFF +engelolaan !imbah :

- 6 &amar mandi dan 3 - 21 empat "ampah - / "eptik tank   - +engelolaan !imbah cair FFFFFFFFF - FFFFFFFFFF ?. 4udang FFFFFFFF 6. 5mbulance FFFFFFFFFF G. &omunikasi ( elepon, BaC, Dmail ) FFFFFF E. &amar jenaah FFFFFFFF @. +emadam &ebakaran FFFFFFFFF 21. +engelolaan 4as Medik FFFFFFFFF 22. +enampungan air bersih >. ?. a.  b. 2. 0. /. 4. 5.

"arana +rasarana 5dministrasi dan Manajemen "truktur rganisasi ata laksana : atalaksana organisasi "tandar perasional +rosedur  "istem *nformasi Manajemen $umah "akit Hospital by laws Medical Staff by law

c. aa 6.

View more...

Comments

Copyright ©2017 chineseinfo.info Inc.
SUPPORT chineseinfo.info