Tugas Literasi b.indonesia

May 12, 2019 | Author: dewiarisandy | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

literasi b indo...

Description

Laporan kegiatan membaca buku Judul buku = Air mata cinta pembersih dosa Pengarang

= Ibnu al-jauzi

Penerbit

= Serambi,mei 2007

Kota terbit =

-

A. Kegiatan prabaca  No

Pertanyaan sebelum membaca buku

1

Bagaimana cara kita bertobat?

2

Apakah cara kita bertobat selama ini sudah benar?

3

Apa nilai kehidupan yg terdapat di novel tersebut?

B. Kegiatan pascabaca  No

Bab/subbab/bagian

Butir-butir penting/menarik

1

Pendahuluan

Buku ini mengingatkan kita untuk senantiasa bertobat kepada allah swt.dan mengingatkan kita betapa sementara hidup di dunia ini.

Bab 1

Bertobat adalah jalan tercepat mendekati allah,dan uniknya banyak ayat,hadis, dan syair disajikan untuk memacu hasrat bertobat kita

Mengenal arti bertobat

Bab 2

Di bagian ini penulis mengajarkan  bertobat dengan cara mencontoh dari Cara pertobatan yg meniru kisah kisah-kisah tentang para sahabat nabi terdahulu dan para wali karna kisah itu menuturkan beragam  pengalaman,kesadaran dankearifan.

Laporan kegiatan membaca buku Judul buku = Negeri 5 menara Pengarang

= A.Fuadi

Penerbit

= PT.Gramedia

Kota terbit = Jakarta

A. Kegiatan prabaca  No

Pertanyaan sebelum membaca buku

1

Apakah pesan moral dari novel negeri 5 menara?

2

Bagaimana evaluasi dalam novel negeri 5 menara?

3

Siapa saja tokoh utama novel ini?

B. Kegiatan pascabaca  No

Bab/subbab/bagian

Butir-butir penting/menarik

1

pendahuluan

Penulis menceritakan tentang  perjalanan 6 orang anak yg disebut dengan sahibul menara yaitu alif,raja,said,dulmajid,atang dan baso

Isi

Alif fikri yang berasal dari  bayur,kampung kecil dekat danau maninjau padang.memiliki cita-cita untuk bisa menjadi b.j.habibie.dia dan sahabatnya ingin melanjutkan sekolah ke jenjang sma dan melanjutkan studi di itb.namun amaknya tidak setuju kalau anaknya masuk sma.hal itu membuat alif untuk menjadi insinyur dan ahli ekonomi kandas. Suatu sore,alif menerima surat dari  pamannya yg belajar di mesir,ia menyarankan agar alif melanjutkan sekolah di pondok madani jawa timur,dg berat hati alif mengikuti saran pamannya.”man jadda wajada”itulah kalimat bahas arab yg didengar alif di hari pertama dan mengubah hidupnya.di pm alif  berteman dg 6 orang temannya (sahibul menara) yg selalu berkumpul dibawah menara tertinggi pm.setelah  berhasil menyelesaikan perguruannya di pm,alif dan teman-temannya  berhasi meraih mimpi yg dirancang mereka di bawah menara.alif merantau ke amerika,raja ke eropa,atang di afrika,baso di asia sedangkan said dan dulmajid menetap di indonesia.

Laporan kegiatan membaca buku Judul buku = Laskar Pelangi Pengarang

= Andrea Hirata

Penerbit

= Bentang Pustaka

Kota terbit =

-

A. Kegiatan prabaca  No

Pertanyaan sebelum membaca buku

1

Bagaimana latar dan alur ceritanya?

2

Apa yang menarik dari cerita tersebut?

3

Bagaimana amanat dari cerita tersebut?

B. Kegiatan pascabaca  No

Bab/subbab/bagian

Butir-butir penting/menarik

1

Pendahuluan

Novel ini menceritakan tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah(sd dan smp) di sebuah sekolah muhammadiyah di belitung yang  penuh keterbatasan.mereka adalah ikal,lintang,sahara.mahar,A kiong,syahdan,kucai,trapani,dan harun.

2

Bab 1 Sepuluh murid baru

Sekolah muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh depdikbud sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak.namun sekolahan itu tidak jadi ditutup karna telah berhasil mendapat jumlah siswa 10 orang.dan membuat ibu mus (guru) sekolah tsb tersenyum.

3

Bab 2 Antediluvium

Kegiatan mengajar dimulai sebab sudah terkumpul 10 murid,murid duduk bersebelahan dengan lintang.dan lintang teman sebangku ikal,ikal adalah anak seorang nelayan,ia begitu senang dapat  bersekolah.ayah lintang membelikan ia pensil yang berbeda warna di kedua ujungnya dan buku  bergaris 3.

3

Bab 3 Inisiasi

Sekolah muhammadiyah adalah sekolah yang sudah hampir rusak,mempunyai 6 kelas dan sangat kekurangan.kepala sekolah k.a harfan efendy noor adalah pria dengan kumis dan jenggot tebal yang berkharisma.beliau sangat  berpendidikan dan bijak serta  berwawasan luas,pak harfan menceritakan banyak kisah-kisah islami kepada anak-anak dan segera menjadi favorit anak-anak.

View more...

Comments

Copyright ©2017 chineseinfo.info Inc.
SUPPORT chineseinfo.info