TUGAS PPKN BARU

April 14, 2019 | Author: Essa Kharista Hati Essa | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

dtj...

Description

ANGGOTA KELOMPOK : 1) ILHAM SATRIYA AJI W

( 14 )

2) MUHAMMAD AMIN S.A

( 20 )

3) INGGRIT KHAFIFAH P

( 15 )

4) ZHEYRLINNA RAHMA A

( 33 )

SEMAKIN MENINGKATNYA ANGKA KEMISKINAN A. Menjelaskan masalah secara tertulis disertai sumber-sumber yang berisi informasi berikut : 1) Bagaimana jalannya masalah ?  Jawab : Penduduk miskin adalah penduduk yang tidak mempunyai kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar makanan atau bukan makanan . Ini merupakan suatu masalah sosial yang berangsur-angsur hingga sekarang dan pemerintah pun  belum dapat memberikan solusi untuk menanggulangi kemiskinan yang menimpa bangsa Indonesia ini. Sejak krisis angka keimiskinan dan  pengangguran masih tinggi. Berdasarkan data badan pusat statistic nasional Indonesia/BPS bahwa 17,7 %/39 juta  penduduk Indonesia tergolong kategori  penduduk miskin. Pengangguran sebanyak 10,4%. Diantaranya 100 juta angkatan kerja menganggur. Indonesia termasuk salah satu Negara termiskin di Dunia yang masuk pada urutan ke-68. 2) Seberapa luas masalah tersebar pada Bangsa dan Negara ?  Jawab : Angka Kemiskinan telah menyebar luas ke tanah Air. 3) Mengapa masalah harus ditangani pemerintah dan haruskah seseorang bertanggung  jawab memecahkan masalah?  Jawab : Untuk mengatasi masalah kemiskinan pemerintah memiliki peran besar. Namun dalam kenyataannya program yang dijalankan oleh pemerintah belum mampu menyentuh pokok yang menimbulkan masalah kemiskinan. Ada beberapa  program pemerintah yang sudah dijalankan dan dimaksudkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah kemiskinan , seperti : program bantuan langsung tunai yang merupakan kompensasi yang diberikan usai dihapuskan subsidi minyak tanah dan program konversi bahan bakar gas dan jaminan kesehatan masyarakat.  Namun kedua hal tersebut tidak memiliki dampak signifikan terhadap  pengurangan angka kemiskinan itu adalah yang seharusnya dilakukan  pemerintah. Iya, Seseorang harus bertanggung jawab memecahkan masalah karena kita sebagai warga Negara Indonesia wajib membanu dalam program  pemerintah. 4) Adakah Kebijakan tentang masalah tersebut?  Jawab : Ada , kebijakan pemerintah dalam mengatasi kemiskinan yaitu : a. Menciptakan lapangan kerja sehingga mengurangi pengangguran  b. Menghapuskan korupsi. Sebab korupsi adalah salah satu penyebab layanan masyarakat tidak berjalan sebagai mana mestinya. c. Menggalakan program zakat d. Menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok. Program ini bertujuan menjamin daya beli masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok e. Meningkatkan akses masyarakat miskin kepada pelayanan dasar. Beberapa  program yang berkaitan dengan kemiskinan antara lain : penyediaan mahasiswa.

5) Adakah perbedaan pendapat, siapa organisasi yang berpihak pada masalah ini?  Jawab : Ada, Organisasi BAZIS (Badan Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah). 6) Pada tingkat atau lembaga pemerintah apa yang bertanggung jawab tentang masalah ini?  Jawab :  Lembaga yang dibentuk sebagai wadah koordinasi lintas sector dan lintas  pemangku kepentingan di tingkat pusat untuk melakukan percepatan  penanggulangan kemiskinan. Dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 15 tahun 2010 tentang Percepatan penanggulangan kemiskinan. Bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia dan diketuai oleh Wakil Presiden Republik Indonesia. B. Merumuskan kebijakan alternatif untuk mengatasi masalah. Menjelaskan

secara tertulis dilengkapi gambar, foto, karikatur, dan ilustrasi lain disertai sumber-sumber informasinya tentang : 1) Kebijakan alternative yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber informasi yang dikumpulkan.  Jawab : Kebijakan beasiswa untuk siswa miskin dan berprestasi: a) Pelayanan kesehatan bagi keluarga miskin.  b) Penyediaan fasilitas sosial. 2) Kajian terhadap setiap kebijakan alternative tersebut dengan menjawb pertanyaan kebijakan apakah yang diusulkan dan apakah keuntungan dan kerugian kebijakan tersebut.  Jawab : Keuntungan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berprestasi untuk  bersekolah dengan membantu memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak dan mencegah putus sekolah. Menjamin terpenuhinya keadilan sosial  bagi masyarakat miskin sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin mutlak mengingat kematian bayi & balita  ×  dan  × lebih tinggi dibanding keluarga tidak miskin, untuk kepentingan politis nasional yakni menjaga keutuhan integrasi bangsa dengan meningkatkan upaya pembangunan didaerah miskin dan politis internasional untuk menggalang kebersamaan dalam memenuhi komitmen global guna menurunkan kemiskinan melalui upaya kesehatan bagi keluarga miskin.

C. Mengusulkan kebijakan publik untuk mengatasi masalah disertai sumber-

sumber yang berisi informasi sebagai berikut : 1) Kebijakan yang diyakini akan dapat mengatasi masalah.  Jawab : Menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok. Bertujuan menjamin daya beli masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok. 2) Keuntungan dan kerugian dari kebijakan tersebut.  Jawab : Keuntungan ; ketahanan pgn dapat diraih, kemiskinan juga semakin berkurang. Kerugian ; => Masih berorientasipada pertumbuhan ekonomi makro daripada  pemerataan, => Sentralisasi kebijakan daripada desentralisasi, => Lebih bersifat karitatif daripada transformative; => Memposisikan masyarakat sebagai sumber objek dan bukan subjek, => Cara pandang tentang penanggulangan kemiskinan masih 3) Kebijakan tersebut tidak melanggar peraturan perundang-undangan.  Jawab :

4) Tingkat atau lembaga pemerintah mana yang harus bertanggung jawab menjalankan kebijakan yang diusulkan.  Jawab :

D. Membuat rencana tindakan yang mencangkup langkah-langkah yang

dapat diambil agar kebijakan yang diusulkan diterima dan dilaksanakan oleh pemerintah. 1) Bagaimana dapat menumbuhkan dukungan pada individu dan kelompok dalam masyarakat terhadap rancangan tindakan yang diusulkan?  Jawab :

2) Mendeskripsikan individu atau kelompok yang berpengaruh dalam masyarakat yang mungkin hendak mendukung rancangan tindakan kelas dan bagaimana kalau dapat memperoleh dukungan tersebut.  Jawab :

3) Menggambarkan pula kelompok yang berpengaruh dalam masyarakat yang mungkin menentang rancangan tindakan dan bagaimana kalian dapat meyakinkan mereka untuk mendukung rencana tindakan.  Jawab :

View more...

Comments

Copyright ©2017 chineseinfo.info Inc.
SUPPORT chineseinfo.info